Wednesday, May 25, 2016

Kegiatan Mengajar di PAUD Teratai Dalam Rangka Penerapan Mata Kuliah Character Building Bersama Teach For Indonesia
 

Alvin – Raka Diwyacitta – Matthew Tjoeng – Marcel Robeto
Steven Leonard – Alberto Adi – Timothy Yeusy - Lukas Julius (Lukas Julius terpantul melalui handphone Alvin, lukas tidak ikut terfoto karena dialah yang memfoto)


 


I . Pembukaan

Kelas                : LB28-LEC / Mr.Simon Mangatur Tampubolon (D4564)
Waktu              : Kamis, 18-05-2016
Pukul               : 08.30-10.00
Lokasi              : PAUD Teratai – Jalan Nyimas Melati No.02 Rt 02/02, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Neglasari

Tim yang hadir
Ketua               : Alvin (1901499375)
Anggota           :
1 . Raka Diwyacitta Kartomihardjo (1901494185)
2 . Alberto (1901492633)
3 . Timothy Yeusy (1901486750)
4 . Marcel Robeto (1901502110)
5 . Matthew Tjoeng (1901483805)
6 . Lukas Julius (1901496410)
7 . Steven Leonard (1901482802)

Tim yang tidak hadir : -

II . Bagian Isi
1 . Teori yang diajarkan dikelas melalui mata kuliah Character Building
- . PAUD sudah memasuki akhir tahun ajaran, kami melakukan review mengenai pengenalan presiden-presiden Indonesia, Pengenalan akan kebangsaan dan rasa nasionalisme (mengenal dasar Negara, lambang Negara, tanah air Indonesia, lagu kebangsaan, bendera kebangsaan, dan Pengenalan akan benda langit dan tata surya 



2 . Persiapan yang dilakukan
A . PAUD Teratai terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas A dan kelas B, kami membagi anggota kelompok kami untuk mengajar di kedua kelas
B . Kami melakukan review singkat tentang hal yang telah kami ajarkan dan juga mengulas secara singkat untuk menguji pemahaman peserta didik
- . Setelah kami menyampaikan materi, kami memberikan quiz (tanya-jawab) untuk menguji pemahaman peserta didik

3 . Metode Pengajaran yang diterapkan
A . Penyampaian materi seperti biasa didepan kelas
B . Setelah penyampaian materi, para peserta didik akan dimentoring oleh kakak pengajar untuk memberikan pendalaman yang lebih mendalam
C . Setelah sesi mentoring selesai, akan diberikan quiz (sesi tanya jawab) untuk menguji pemahaman peserta didik
Hal Positif
- . Pemahaman peserta didik lebih mendalam menggunakan metode mengajar tersebut
Hal Negatif
- . Belum ditemukan hal negatif, sejauh ini, metode pendekatan mengajar seperti ini adalah metode paling efektif untuk mengajar anak usia dini berdasarkan fakta dan bukti di lapangan

4 . Pengukuran kinerja
A . Kinerja kelompok cukup baik, masing-masing anggota kelompok dapat membantu anak-anak mereview materi secara personal dan mementoring anak-anak dengan cukup baik

B . Evaluasi Internal
Dipenghujung tahun ajaran ini, para kakak pengajar juga menunjukkan performa baik seperti biasa dalam mentoring

III . Bagian Penutup
1 . Hasil Kegiatan
A . Bagi para pengajar :
- . Menjiwai jiwa sebagai pengajar anak kecil, sabar dalam mereview materi dari awal karena mereview materi bukanlah hal yang mudah untuk anak usia dini, mengingat kembali apa yang telah mereka pelajari dari awal

B . Bagi para peserta didik
- . Peserta didik mengingat kembali apa yang telah mereka pelajari dari awal agar dapat semakin paham

2 . Kesimpulan Kegiatan
Review penting dilakukan untuk menguji pemahaman dan daya ingat peserta didik, agar daya ingat peserta didik semakin teruji

3 . Next to do (Perbaikan yang harus dilakukan dipertemuan selanjutnya)
- .  Menyerap intisari tujuan mengajar anak usia dini yang diselenggarakan TFI

4 . Informasi Jumlah Peserta
A . Jumlah kakak pengajar = 8 orang Mahasiswa Binus University

B . Jumlah peserta didik = Total 16 Anak (sebagian telah izin kelas)

No comments:

Post a Comment