Wednesday, May 25, 2016


Kegiatan Mengajar di PAUD Teratai Dalam Rangka Penerapan Mata Kuliah Character Building Bersama Teach For Indonesia
 
 
 
Alasan selfie = tidak ada yang dapat membantu foto


I . Pembukaan

Kelas                : LB28-LEC / Mr.Simon Mangatur Tampubolon (D4564)
Waktu              : Kamis, 17-03-2016
Pukul               : 08.30-10.00
Lokasi              : PAUD Teratai – Jalan Nyimas Melati No.02 Rt 02/02, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Neglasari

Tim yang hadir
Ketua               : Alvin (1901499375)
Anggota           :
1 . Raka Diwyacitta Kartomihardjo (1901494185)
2 . Alberto (1901492633)
3 . Timothy Yeusy (1901486750)
4 . Marcel Robeto (1901502110)
5 . Matthew Tjoeng (1901483805)
6 . Lukas Julius (1901496410)
7 . Steven Leonard (1901482802)

Tim yang tidak hadir : -

II . Bagian Isi
1 . Teori yang diajarkan dikelas melalui mata kuliah Character Building
- .Mengenalkan alat komunikasi tradisional dan modern kepada peserta didik

2 . Persiapan yang dilakukan
A . PAUD Teratai terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas A dan kelas B, kami membagi anggota kelompok kami untuk mengajar di kedua kelas
B . Kami mempersiapkan materi dengan mendownload contoh-contoh gambar alat komunikasi tradisional dan modern serta memperkenalkannya kepada anak-anak melalui perangkat smartphone, ipad dan tablet, agar anak-anak lebih mudah memvisualisasikan melalui beragam gambar
Pembelajaran yang diterapkan dari materi yang diterima dikelas
- . Setelah kami menyampaikan materi, kami memberikan quiz (tanya-jawab) untuk menguji pemahaman peserta didik

3 . Metode Pengajaran yang diterapkan
A . Penyampaian materi seperti biasa didepan kelas
B . Setelah penyampaian materi, para peserta didik akan dimentoring oleh kakak pengajar untuk memberikan pendalaman yang lebih mendalam
C . Setelah sesi mentoring selesai, akan diberikan quiz (sesi tanya jawab) untuk menguji pemahaman peserta didik
Hal Positif
- . Pemahaman peserta didik lebih mendalam menggunakan metode mengajar tersebut
Hal Negatif
- . Belum ditemukan hal negatif, sejauh ini, metode pendekatan mengajar seperti ini adalah metode paling efektif untuk mengajar anak usia dini berdasarkan fakta dan bukti di lapangan

4 . Pengukuran kinerja
A . Kinerja kelompok sudah baik, terlihat anggota kelompok melakukan tugas yang sudah diinstruksikan ketua kelompok mereka, kelompok dapat dikoordinasi dengan baik oleh ketua kelompok
Pendekatan mengajar cukup interaktif sehingga membuat peserta didik lebih antusias dalam belajar

B . Evaluasi Internal
Semua anggota kelompok sama, mereka menaati instruksi ketua kelompok dengan benar dalam mengajar, anggota dapat diarahkan dengan baik, tidak ada yang terlalu menonjol ataupun buruk, semua anggota  mengajar dengan hati, benar dan tulus

III . Bagian Penutup
1 . Hasil Kegiatan
A . Bagi para pengajar :
- . Belajar mengajar dengan hati yang tulus dan penuh kesabaran
- . Belajar tentang kejiwaan anak PAUD usia dini agar dapat menerapkan metode belajar yang efektif

B . Bagi para peserta didik
- . Peserta didik mengenal alat komunikasi tradisional maupun modern

2 . Kesimpulan Kegiatan
Mengajar anak usia dini membantu kita melatih kesabaran, ketulusan, dan ketekunan

3 . Next to do (Perbaikan yang harus dilakukan dipertemuan selanjutnya)
- .  Belajar menenangkan anak kecil yang menangis
4 . Informasi Jumlah Peserta
A . Jumlah kakak pengajar = 8 orang Mahasiswa Binus University
B . Jumlah peserta didik = Total 41 anak dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas A dan B

No comments:

Post a Comment