Wednesday, May 25, 2016

Kegiatan Mengajar di PAUD Teratai Dalam Rangka Penerapan Mata Kuliah Character Building Bersama Teach For Indonesia
 

Alasan selfie = tidak ada yang membantu memfotokan

I . Pembukaan

Kelas                : LB28-LEC / Mr.Simon Mangatur Tampubolon (D4564)
Waktu              : Kamis, 24-03-2016
Pukul               : 08.30-10.00
Lokasi              : PAUD Teratai – Jalan Nyimas Melati No.02 Rt 02/02, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Neglasari

Tim yang hadir
Ketua               : Alvin (1901499375)
Anggota           :
1 . Raka Diwyacitta Kartomihardjo (1901494185)
2 . Alberto (1901492633)
3 . Timothy Yeusy (1901486750)
4 . Marcel Robeto (1901502110)
5 . Lukas Julius (1901496410)
6 . Steven Leonard (1901482802)

Tim yang tidak hadir :
1 . 5 . Matthew Tjoeng (1901483805)
Alasan ketidakhadiran : Sakit dan checkup kedokter, kebenarannya sudah dicheck dan dikonfirmasi oleh ketua kelompok

II . Bagian Isi
1 . Teori yang diajarkan dikelas melalui mata kuliah Character Building
- .Mengajarkan hal berkaitan dengan kenegaraan dan nasionalisme diantaranya = Tanah Airku Indonesia, Lambang Negara, Bendera Negara, Lagu Kebangsaan, Dasar Negara dan Peraturan Negara Indonesia

2 . Persiapan yang dilakukan
A . PAUD Teratai terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas A dan kelas B, kami membagi anggota kelompok kami untuk mengajar di kedua kelas
B . Kami mempersiapkan materi dengan mendownload contoh-contoh gambar dan artikel singkat tentang Tanah Airku Indonesia, Lambang Negara, Bendera Negara, Lagu Kebangsaan, Dasar Negara dan Peraturan Negara Indonesia serta memperkenalkannya kepada anak-anak melalui perangkat smartphone, ipad dan tablet, agar anak-anak lebih mudah memvisualisasikan melalui beragam gambar
Pembelajaran yang diterapkan dari materi yang diterima dikelas
- . Setelah kami menyampaikan materi, kami memberikan quiz (tanya-jawab) untuk menguji pemahaman peserta didik

3 . Metode Pengajaran yang diterapkan
A . Penyampaian materi seperti biasa didepan kelas
B . Setelah penyampaian materi, para peserta didik akan dimentoring oleh kakak pengajar untuk memberikan pendalaman yang lebih mendalam
C . Setelah sesi mentoring selesai, akan diberikan quiz (sesi tanya jawab) untuk menguji pemahaman peserta didik
Hal Positif
- . Pemahaman peserta didik lebih mendalam menggunakan metode mengajar tersebut
Hal Negatif
- . Belum ditemukan hal negatif, sejauh ini, metode pendekatan mengajar seperti ini adalah metode paling efektif untuk mengajar anak usia dini berdasarkan fakta dan bukti di lapangan

4 . Pengukuran kinerja
A . Menuntut kesabaran penuh mengajarkan materi yang cukup banyak bagi anak usia dini, karena itu tim dituntut untuk lebih sabar dan telaten, penjelasan step by step nya kepada anak usia dini sudah baik

B . Evaluasi Internal
Semua anggota kelompok sama, mereka menaati instruksi ketua kelompok dengan benar dalam mengajar, anggota dapat diarahkan dengan baik, tidak ada yang terlalu menonjol ataupun buruk, semua anggota  mengajar dengan hati, benar dan tulus

III . Bagian Penutup
1 . Hasil Kegiatan
A . Bagi para pengajar :
- . Pada pertemuan kedua, kedekatan dengan peserta didik mulai terasa lebih lagi
- . Belajar bagaimana mencoba menanamkan rasa nasionalisme sejak dini pada anak dibawah umur

B . Bagi para peserta didik
- . Peserta didik mengenal dasar-dasar tentang Tanah Air mereka Indonesia, Lambang Negara, Bendera Negara, Lagu Kebangsaan, Dasar Negara dan Peraturan Negara Indonesia

2 . Kesimpulan Kegiatan
Mengembangkan rasa Kebangsaan dan Nasionalisme sejak usia dini adalah sangat penting bagi masa depan calon penerus Bangsa kita

3 . Next to do (Perbaikan yang harus dilakukan dipertemuan selanjutnya)
- .  Penyampaian materi yang cukup banyak kepada peserta didik usia dini harus dilakukan step by step dan sedikit demi sedikit, harus lebih sabar lagi
4 . Informasi Jumlah Peserta
A . Jumlah kakak pengajar = 7 orang Mahasiswa Binus University
B . Jumlah peserta didik = Total 41 anak dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas A dan B

No comments:

Post a Comment