Wednesday, May 25, 2016

Kegiatan Mengajar di PAUD Teratai Dalam Rangka Penerapan Mata Kuliah Character Building Bersama Teach For Indonesia
 
 

I . Pembukaan

Kelas                : LB28-LEC / Mr.Simon Mangatur Tampubolon (D4564)
Waktu              : Kamis, 31-03-2016
Pukul               : 08.30-10.00
Lokasi              : PAUD Teratai – Jalan Nyimas Melati No.02 Rt 02/02, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Neglasari

Tim yang hadir
Ketua               : Alvin (1901499375)
Anggota           :
1 . Raka Diwyacitta Kartomihardjo (1901494185)
2 . Alberto (1901492633)
3 . Timothy Yeusy (1901486750)
4 . Marcel Robeto (1901502110)
5 . Matthew Tjoeng (1901483805)
6 . Lukas Julius (1901496410)
7 . Steven Leonard (1901482802)

Tim yang tidak hadir : -

II . Bagian Isi
1 . Teori yang diajarkan dikelas melalui mata kuliah Character Building
- .Mengenalkan Presiden dan Wakil Presiden yang pernah menjabat di Indonesia
- . Menggambar dan mewarnai pemandangan alam


2 . Persiapan yang dilakukan
A . PAUD Teratai terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas A dan kelas B, kami membagi anggota kelompok kami untuk mengajar di kedua kelas
B . Kami mempersiapkan materi dengan mendownload contoh-contoh foto Presiden dan Wakil Presiden Indonesia serta memperkenalkannya kepada anak-anak melalui perangkat smartphone, ipad dan tablet, agar anak-anak lebih mudah memvisualisasikan melalui beragam gambar . Kemudian atas permintaan wali kelas, kami menyuruh anak-anak menggambar pemandangan alam
Pembelajaran yang diterapkan dari materi yang diterima dikelas
- . Setelah kami menyampaikan materi, kami memberikan quiz (tanya-jawab) untuk menguji pemahaman peserta didik tentang Presiden dan Wakil Presiden Indonesia

3 . Metode Pengajaran yang diterapkan
A . Penyampaian materi seperti biasa didepan kelas
B . Setelah penyampaian materi, para peserta didik akan dimentoring oleh kakak pengajar untuk memberikan pendalaman yang lebih mendalam
C . Setelah sesi mentoring selesai, akan diberikan quiz (sesi tanya jawab) untuk menguji pemahaman peserta didik
Hal Positif
- . Pemahaman peserta didik lebih mendalam menggunakan metode mengajar tersebut
Hal Negatif
- . Belum ditemukan hal negatif, sejauh ini, metode pendekatan mengajar seperti ini adalah metode paling efektif untuk mengajar anak usia dini berdasarkan fakta dan bukti di lapangan

4 . Pengukuran kinerja
A . Kinerja kelompok sudah cukup baik, pendekatan kepada anak-anak sudah lebih terasa akrab lagi, mulai hafal nama anak-anak yang ada, pertanda kedekatan lebih terjalin

B . Evaluasi Internal
Semua anggota kelompok sama, mereka menaati instruksi ketua kelompok dengan benar dalam mengajar, anggota dapat diarahkan dengan baik, tidak ada yang terlalu menonjol ataupun buruk, semua anggota  mengajar dengan hati, benar dan tulus

III . Bagian Penutup
1 . Hasil Kegiatan
A . Bagi para pengajar :
- . Belajar mengajar pentingnya mengetahui historis Negara Indonesia mengenai siapa saja yang pernah memimpin Negara Indonesia
- . Belajar akrab dengan siapa saja dengan memahami kejiwaannya, bukan hal mudah memahami kejiwaan anak usia dini

B . Bagi para peserta didik
- . Peserta didik mengenal Presiden dan Wakil Presiden dalam sejarah Indonesia
- . Peserta didik belajar menggambar pemandangan alam sekitar

2 . Kesimpulan Kegiatan
Kita mengajari pentingnya mengetahui histori Bangsa Indonesia agar lebih menghayati kecintaan terhadap Tanah Air Indonesia

3 . Next to do (Perbaikan yang harus dilakukan dipertemuan selanjutnya)
- .  Belajar mengendalikan situasi
4 . Informasi Jumlah Peserta
A . Jumlah kakak pengajar = 8 orang Mahasiswa Binus University
B . Jumlah peserta didik = Total 41 anak dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas A dan B

No comments:

Post a Comment