Kegiatan Mengajar di PAUD Teratai Dalam Rangka
Penerapan Mata Kuliah Character Building Bersama Teach For Indonesia


I . Pembukaan
Kelas : LB28-LEC / Mr.Simon Mangatur Tampubolon (D4564)
Waktu : Kamis, 31-03-2016
Pukul : 08.30-10.00
Lokasi : PAUD Teratai – Jalan Nyimas Melati No.02 Rt 02/02,
Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Neglasari
Tim yang hadir
Ketua : Alvin (1901499375)
Anggota :
1 . Raka Diwyacitta
Kartomihardjo (1901494185)
2 . Alberto (1901492633)
3 . Timothy Yeusy
(1901486750)
4 . Marcel Robeto
(1901502110)
5 . Matthew Tjoeng
(1901483805)
6 . Lukas Julius (1901496410)
7 . Steven Leonard
(1901482802)
Tim yang tidak hadir : -
II . Bagian Isi
1 . Teori yang diajarkan
dikelas melalui mata kuliah Character Building
- .Mengenalkan Presiden dan
Wakil Presiden yang pernah menjabat di Indonesia
- . Menggambar dan mewarnai
pemandangan alam
2 . Persiapan yang dilakukan
A . PAUD Teratai terdiri atas
2 kelas, yaitu kelas A dan kelas B, kami membagi anggota kelompok kami untuk
mengajar di kedua kelas
B . Kami mempersiapkan materi
dengan mendownload contoh-contoh foto Presiden dan Wakil Presiden Indonesia serta
memperkenalkannya kepada anak-anak melalui perangkat smartphone, ipad dan
tablet, agar anak-anak lebih mudah memvisualisasikan melalui beragam gambar .
Kemudian atas permintaan wali kelas, kami menyuruh anak-anak menggambar
pemandangan alam
Pembelajaran yang diterapkan
dari materi yang diterima dikelas
- . Setelah kami menyampaikan
materi, kami memberikan quiz (tanya-jawab) untuk menguji pemahaman peserta
didik tentang Presiden dan Wakil Presiden Indonesia
3 . Metode Pengajaran yang
diterapkan
A . Penyampaian materi
seperti biasa didepan kelas
B . Setelah penyampaian
materi, para peserta didik akan dimentoring oleh kakak pengajar untuk memberikan
pendalaman yang lebih mendalam
C . Setelah sesi mentoring
selesai, akan diberikan quiz (sesi tanya jawab) untuk menguji pemahaman peserta
didik
Hal Positif
- . Pemahaman peserta didik
lebih mendalam menggunakan metode mengajar tersebut
Hal Negatif
- . Belum ditemukan hal
negatif, sejauh ini, metode pendekatan mengajar seperti ini adalah metode
paling efektif untuk mengajar anak usia dini berdasarkan fakta dan bukti di
lapangan
4 . Pengukuran kinerja
A . Kinerja kelompok sudah
cukup baik, pendekatan kepada anak-anak sudah lebih terasa akrab lagi, mulai
hafal nama anak-anak yang ada, pertanda kedekatan lebih terjalin
B . Evaluasi Internal
Semua anggota kelompok sama,
mereka menaati instruksi ketua kelompok dengan benar dalam mengajar, anggota
dapat diarahkan dengan baik, tidak ada yang terlalu menonjol ataupun buruk,
semua anggota mengajar dengan hati,
benar dan tulus
III . Bagian Penutup
1 . Hasil Kegiatan
A . Bagi para pengajar :
- . Belajar mengajar pentingnya
mengetahui historis Negara Indonesia mengenai siapa saja yang pernah memimpin
Negara Indonesia
- . Belajar akrab dengan
siapa saja dengan memahami kejiwaannya, bukan hal mudah memahami kejiwaan anak
usia dini
B . Bagi para peserta didik
- . Peserta didik mengenal Presiden
dan Wakil Presiden dalam sejarah Indonesia
- . Peserta didik belajar
menggambar pemandangan alam sekitar
2 . Kesimpulan Kegiatan
Kita mengajari pentingnya
mengetahui histori Bangsa Indonesia agar lebih menghayati kecintaan terhadap
Tanah Air Indonesia
3 . Next to do (Perbaikan
yang harus dilakukan dipertemuan selanjutnya)
- . Belajar mengendalikan situasi
4 . Informasi Jumlah Peserta
A . Jumlah kakak pengajar = 8
orang Mahasiswa Binus University
B . Jumlah peserta didik =
Total 41 anak dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas A dan B
No comments:
Post a Comment