Kegiatan Mengajar di PAUD Teratai Dalam Rangka
Penerapan Mata Kuliah Character Building Bersama Teach For Indonesia


Alvin – Steven Leonard – Raka Diwyacitta –
Alberto Ardi – Matthew Tjoeng
Lukas Julius – Marcel Robeto – Timoty Yeusy (terpantul
dalam layar handphone Alvin, timoty tidak ada dalam foto karena dialah yang
memfoto)
I . Pembukaan
Kelas : LB28-LEC / Mr.Simon Mangatur Tampubolon (D4564)
Waktu : Kamis, 07-04-2016
Pukul : 08.30-10.00
Lokasi : PAUD Teratai – Jalan Nyimas Melati No.02 Rt 02/02,
Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Neglasari
Tim yang hadir
Ketua : Alvin (1901499375)
Anggota :
1 . Raka Diwyacitta
Kartomihardjo (1901494185)
2 . Alberto (1901492633)
3 . Timothy Yeusy
(1901486750)
4 . Marcel Robeto
(1901502110)
5 . Matthew Tjoeng
(1901483805)
6 . Lukas Julius (1901496410)
7 . Steven Leonard
(1901482802)
Tim yang tidak hadir : -
II . Bagian Isi
1 . Teori yang diajarkan
dikelas melalui mata kuliah Character Building
- .Mengenalkan alat
komunikasi tradisional dan modern kepada peserta didik
2 . Persiapan yang dilakukan
A . PAUD Teratai terdiri atas
2 kelas, yaitu kelas A dan kelas B, kami membagi anggota kelompok kami untuk
mengajar di kedua kelas
B . Kami mempersiapkan materi
dengan mendownload contoh-contoh gambar alat komunikasi tradisional dan modern
serta memperkenalkannya kepada anak-anak melalui perangkat smartphone, ipad dan
tablet, agar anak-anak lebih mudah memvisualisasikan melalui beragam gambar
Pembelajaran yang diterapkan
dari materi yang diterima dikelas
- . Setelah kami menyampaikan
materi, kami memberikan quiz (tanya-jawab) untuk menguji pemahaman peserta
didik
3 . Metode Pengajaran yang
diterapkan
A . Penyampaian materi
seperti biasa didepan kelas
B . Setelah penyampaian
materi, para peserta didik akan dimentoring oleh kakak pengajar untuk
memberikan pendalaman yang lebih mendalam
C . Setelah sesi mentoring
selesai, akan diberikan quiz (sesi tanya jawab) untuk menguji pemahaman peserta
didik
Hal Positif
- . Pemahaman peserta didik
lebih mendalam menggunakan metode mengajar tersebut
Hal Negatif
- . Belum ditemukan hal
negatif, sejauh ini, metode pendekatan mengajar seperti ini adalah metode
paling efektif untuk mengajar anak usia dini berdasarkan fakta dan bukti di
lapangan
4 . Pengukuran kinerja
A . Kinerja kelompok sudah
baik, terlihat anggota kelompok melakukan tugas yang sudah diinstruksikan ketua
kelompok mereka, kelompok dapat dikoordinasi dengan baik oleh ketua kelompok
Pendekatan mengajar cukup
interaktif sehingga membuat peserta didik lebih antusias dalam belajar
B . Evaluasi Internal
Semua anggota kelompok sama,
mereka menaati instruksi ketua kelompok dengan benar dalam mengajar, anggota
dapat diarahkan dengan baik, tidak ada yang terlalu menonjol ataupun buruk,
semua anggota mengajar dengan hati,
benar dan tulus
III . Bagian Penutup
1 . Hasil Kegiatan
A . Bagi para pengajar :
- . Belajar mengajar dengan
hati yang tulus dan penuh kesabaran
- . Belajar tentang kejiwaan
anak PAUD usia dini agar dapat menerapkan metode belajar yang efektif
B . Bagi para peserta didik
- . Peserta didik mengenal
alat komunikasi tradisional maupun modern
2 . Kesimpulan Kegiatan
Mengajar anak usia dini
membantu kita melatih kesabaran, ketulusan, dan ketekunan
3 . Next to do (Perbaikan
yang harus dilakukan dipertemuan selanjutnya)
- . Belajar menenangkan anak kecil yang menangis
4 . Informasi Jumlah Peserta
A . Jumlah kakak pengajar = 8
orang Mahasiswa Binus University
B . Jumlah peserta didik =
Total 41 anak dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas A dan B
No comments:
Post a Comment